Search

Pembuatan Nota dengan MS Excel

Makalah tentang pembuatan nota dengan menggunakan program MS Excel ini saya buat ketika saya di tugaskan untuk menambah nila mata pelajaran TIK. semoga tugas ini dapat membantu anda :D





KATA PENGANTAR
            Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah berkenan memberi petunjuk dan kekuatan kepada penulis sehingga makalah, “Teknologi Informasi dan Komunikasi” ini dapat diselesaikan.
Makalah ini disusun dan dibuat berdasarkan tugas yang deberikan Guru Pembimbing Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi tentang Microsoft Excel. Makalah ini bertujuan selain untuk memenuhi tugas yang di berikan tapi juga agar dapat menambah pengetahuan dan wawasan siswa dalam belajar teknologi informasi dan komunikasi Khususnya Microsoft Excel.
Mudah-mudahan dengan makalah ini, bisa membantu untuk menghadapi masalah-masalah atau kesulitan-kesulitan yang timbul dalam belajar Teknologi Infomasi dan Komunikasi khususnya Microsoft Excel.
Pada kesempatan ini pula penulis mengucapkan banyak terimakasih kepada Pak Atik Dhama Yozaniar selaku Guru Pambimbing dan juga kepada pihak-pihak yang terkait dalam pembuatan tugas ini.

Penulis menyadari bahwa makalah ini masih perlu peningakatn kualitas. Oleh karena itu penulis berharap atas segala saran dan kritik yang membangun, agar penulis dapat memberikan makalah yang lebih baik lagi.


Kuningan, Juni 2012
Penulis








DAFTAR ISI

KATA PENGANTA …………………………………………………………………………………. i
DAFTAR ISI ……………………………………………………………………………………….. ii


BAB I PENDAHULUAN
a.       LATAR BELAKANG ……………………………………………………………………………………………. 1
b.      PEMBATASAN MASALAH …………………………………………………………………………………. 1
c.       RUMUSAN MASALAH ………………………………………………………………………………………. 1
d.      TUJUAN PENULISAN ………………………………………………………………………………………… 1
e.      MANFAAT PENULISAN …………………………………………………………………………………….. 1


BAB II METODOLOGI PENELITIAN
a.       CARA KERJA ……………………………………………………………………………………… 3
b.      HASIL ……………………………………………………………………………………………….. 5
c.       PEMBAHASAN ……………………………………………………………………………………. 5


BAB III PENUTUP
a.       KESIMPULAN ……………………………………………………………………………………… 7
b.      SARAN ………………......………………………………………………………………………….. 7





 
BAB I
PENDAHULUAN

A.     LATAR BELAKANGAN
Di kalangan pelajar maupun masyarakat umum Tekhnologi informasi dan komunikasi merupakan hal yang wajib di kuasai. Itu semua karena tuntutan zaman yang semakin maju dan perkembangan tekhnolgi semakin pesat. Hal ini juga dapat mempermudah kita dalam melakukan pekerjaan seperti pengolahan angka. Untuk membantu dan mempermudah kita dalam melakukan suatu pekerjaan dalam pengolahan angka, kita dapat menggunakan program Microsoft Office Excel.

Tetapi keterbatasan pengetahuan dan kemampuan pelajar atau masyrakat umum dalam menggunakan program Microsoft Office Excel menjadikan suatu hambatan. Padahal hal tersebut sangat mudah dan simple jika kita mau mempelajarinya.

Hal inilah yang melatar belakangi penulis selain untuk memenuhi tugas mata pelajaran TIK namun juga untuk membantu masyarakat khususnya pelajar untuk menggunakan program Microsoft Office Excel.


B. PEMBATASAN MASALAH
Melihat dari latar belakang, masalah dan pembahasaan maka penulis dapat memberikan batasan yaitu bagai mana menggunakn dan menjalankan program Microsoft office Excel.
           

C. RUMUSAN MASALAH
            Masalah yang di bahas dalam penulisan makalah ini adalah bagai mana membuat Nota menggunakan program Microsoft Office Excel dengan menggunakan Formula yang benar.


D. TUJUAN PENULISAN
            Tujuan daripada penulisan makalah ini adalah :
1.      Untuk memenuhi tugas mata pelajaran TIK.
2.      Untuk mengetahui formula yang di gunakan dalam membuat Nota menggunakan program Microsoft Office Excel.


E. MANFAAT PENULISAN
            Diharapkan dengan makalah ini dapat membantu dalam menggunakan program Microsoft Office Excel dan dapat membantu menginspirasi orang lain untuk lebih kreatif dan inopatif dalam menggunakan program ini agar dapat mempermudah pekerjaan dalam kehidupan sehari-hari.




BAB II
METODOLOGI PENELITIAN

A.     CARA KERJA
1.      Bukalah program Microsoft Office Excel
2.      Klik page layout untuk mengatur margin yang akan kita gunanakan, sebagai berikut:
a.      klik page setup
b.      untuk orientation pilih landscape
c.       untuk paper size kita gunakan ukuran kertas setengah F4. Karena ukuran kertas F4 tidak ada pada Microsoft Office Excel jadi kita gunakan ukuran kertas legal
d.      klik margins untuk mengatur batas halaman, dengan ukuran:
1.      top       : 0.4 inch
2.      bottom : 0.4 inch
3.      left       : 0.4 inch
4.      right    : 7.9 inch
5.      header : 0.3 inch
6.      footer  : 0.3 inch
e.      klik ok
3.      kemudian buat nota seperti gambar di bawah:



4.      setelah itu buatlah table array seperti gambar berikut:

5.      masukan Formula di a,b,c,d dan e


B.      HASIL
 


C.      PEMBAHASAN